Cara Atasi Vertigo Tanpa Mengeluarkan Biaya

Cara Atasi Vertigo Tanpa Mengeluarkan Biaya – Apakah Anda pernah mengalami perasaan aneh seolah olah diri sedang berputar atau lingkungan Anda sedang berputar, namun kenyataannya tidak ada apa apa gerakan pun yang sedang terjadi? Ini adalah fitur fitur gejala vertigo. Vertigo berasal dari kata bahasa Yunani Vetere yang berarti berputar. Tentu saja orang yang mengalami gejala ini merasa tidak nyaman dan ingin menemukan cara atasi vertigo agar dapat menjalani kehidupan yang nyaman.

Cara Atasi Vertigo Tanpa Mengeluarkan Biaya

Penyebab Penyebab Vertigo

  1. Penyakit yang disebabkan oleh gangguan sistem saraf.
  2. Masalah penglihatan.
  3. Faktor lingkungan seperti menghirup bau kimia atau bau alkohol.
  4. Posisi tidur terlalu rendah.

Jenis jenis Vertigo

1. Vertigo Sentral

Vertigo ini bersumber dari otak sentral. Vertigo jenis ini sering terjadi ketika ada sesuatu yang tidak normal pada pusat keseimbangan di otak. Biasanya orang yang mengalami vertigo jenis ini tidak menyadari kehadiran vertigo karena terjadi secara bertahap. Diantara gejala yang dialami oleh penderita vertigo sentral adalah:

  • Sulit untuk menelan makanan.
  • Ada kelumpuhan yang terjadi pada otot wajah.
  • Pitam atau pingsan.
  • Mual dan muntah.
  • Hilang keseimbangan tubuh.
  • Penglihatan ganda (double vision).
  • Sakit kepala ekstrim.

2. Vertigo Peripheral

Vertigo jenis ini berhubungan dengan sistem pendengaran. Lebih tepat, vertigo jenis ini terjadi di bagian kanalis semisirkularis. Kanalis semisirkularis merupakan saluran lingkaran yang terdiri dari tiga saluran setengah lingkaran, dan berisi cairan endolimfe. Ketiga saluran tersebut tersusun menjadi satu kesatuan. Ujung dari setiap saluran tersebut menggembung dan disebut ampula. Di dalam ampula inilah terdapat reseptor keseimbangan dan ujung-ujung saraf yang berfungsi meneruskan rangsangan ke otak. Bila kanalis semisirkularis ini mengalami gangguan, ia menyebabkan vertigo.

Di antara gejala yang sering dialami oleh vertigo peripheral adalah:

  • Badan cepat lelah.
  • Stamina menurun.
  • Kehilangan keseimbangan.
  • Kurang fokus.
  • Mual dan muntah.
  • Lebih sensitif terhadap cahaya dan suara.
  • Pandangan menjadi gelap.

Baca juga : Pengobatan Vertigo dengat Cepat, Efektif dan Aman

3. Vertigo Non-Vestibuler

Banyak pengidap vertigo non-vestibuler sulit menafsirkan apa yang mereka alami. Ia berasal dari sistem regulator keseimbangan atau bisa juga disebabkan oleh kesalahan proses informasi di sistem saraf pusat. Gejala yang dialami adalah sama seperti vertigo jenis lain yaitu perasaan berputar putar dan gelap pandangan mata.

4. Vertigo Vestibuler

Vertigo jenis ini menyerang organ vestibuler atau saraf vertibulokoklear. Pengidap vertigo jenis ini akan merasa seolah olah benda yang ada dihadapannya fluktuasi seperti berada di dalam perahu. Gejala gejala yang dirasakan oleh vertigo jenis lain tidak terjadi pada pengidap vertigo vestibuler. Ayat mudahnya, rasa seperti mabuk darat.

Cara Atasi Vertigo

  1. Berdiri tegak dengan membuka mata. Kemudian tutup mata sejenak dan buka mata kembali. Ulangi sebanyak 5 kali.
  2. Lakukan gerakan memutar kepala. Buat satu putaran lengkap dari kiri ke kanan, kemudian ulangi dari kanan ke kiri. Ulangi sebanyak 3 kali.
  3. Angkat kepala dan dongak ke atas, kemudian turunkan secara perlahan lahan sampai mengadap ke bawah sampai lantai. Perbuatan ini seolah olah mengangguk secara perlahan lahan. Ulangi sebanyak 3 kali.
  4. Gerakkan kepala ke bahu kanan agar telinga dapat mencapai bahu. Berhenti sebanyak 15 detik di posisi tersebut dan kemudian ubah ke sisi kiri. Ulangi sebanyak 3 kali.
  5. Duduk dengan posisi punggung lurus dan mata terbuka. Berikutnya, berdiri dengan menutup mata. Ulangi gerakan ini sebanyak 3 kali.
  6. Gerakkan bola mata Anda ke kiri dan ke kanan secara horizontal ketika mata terbuka. Ulangi 3 kali. Kemudian lakukan gerakan bola mata secara paralel dari atas ke bawah sebanyak 3 kali.
  7. Lakukan latihan otot mata dengan mengamati objek dari foto kemudian ikut gerakan objek tersebut.
Facebook Comments