Cara Mencegah Vertigo

DizzinessKebanyakan orang mengalami kekambuhan vertigo dengan intensitas yang terus bertambah lantaran tidak tahu cara mencegah vertigo kambuh. Mereka anggap setelah meminum obat pereda pusing atau mungkin penenang, mereka akan terhindar selamanya dari vertigo. Vertigo merupakan penyakit yang sangat kompleks. Karena itulah cara mencegah dan mengatasinya juga sangatlah kompleks.

Obat vertigo sangat efektif untuk Anda gunakan agar sembuh dan terhindar dari vertigo secara alami. Namun jika Anda ingin mencegah vertigo tidak kambuh lagi, maka latihan-latihan berikut ini bisa Anda praktikkan secara mandiri. Berikut adalah cara mencegah vertigo kambuh :

  • Latihan cross over step. Anda bisa lakukan latihan ini dengan cara menyilangkan kaki di depan lalu melangkah ke samping. Praktik seperti ini juga biasa dilakukan dalam latihan dansa.
  • Melatih posisi duduk. Dalam posisi duduk, pegang sebuah benda sejajar dengan mata, lalu meliriklah ke kanan dan ke kiri. Masih dengan memegang benda sejajar dengan mata, coba untuk menoleh ke kanan dan ke kiri. Lakukanlah latihan ini secara berulang-ulang.
  • Melatih posisi berdiri. Dengan posisi berdiri, cobalah untuk mengayunkan badan ke depan dan ke belakang. Jika belum stabil, Anda bisa memanfaatkan tembok untuk sedikit menopang tubuh Anda. Lakukanlah cara ini secara rutin setiap hari.
  • Latihan duduk dengan balance ball. Dengan menggunakan bola keseimbangan yang biasa digunakan pada senam pilates, cobalah untuk duduk di atasnya. Secara perlahan, angkat kaki Anda tak menyentuh tanah sehingga tampak seperti Anda dalam posisi duduk melayang. Anda bisa lakukan latihan ini secara rutin setiap pagi.
  • Latihan berdiri dan berjalan dengan trampolin. Berdirilah di atas trampolin, dan ayun tubuh ke depan dan ke belakang. Jika Anda ingin berjalan, maka lakukan gerakan tersebut dengan tatapan menghadap ke depan. Lalu bergantian lakukan gerakan tersebut dengan menatap ke samping kanan, lalu coba menatap ke kiri.
  • Latihan melempar dan menangkap bola. Latihan ini sangat membantu mengembalikan keseimbangan dinamis. Agar lebih menyenangkan, Anda bisa lakukan latihan ini bersama anak atau teman.
Facebook Comments