Cara Menghilangkan Sakit Kepala Paling Mujarab

Kebanyakan orang akan mengalami masalah sakit kepala (headache) dari waktu ke waktu, tidak kiralah sama ada sakit itu sedikit ataupun sangat parah. Cara menghilangkannya tergantung pada jenis sakit kepala itu sendiri, namun ada beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit dan tips menghilangkannya dalam jangka waktu yang panjang – untuk menghindari rasa sakit itu berlanjut dan semakin bertambah.

Dalam artikel kali ini, kami akan mencantumkan beberapa tips dan cara menghilangkan sakit kepala yang efektif, berikut ini ulasan lengkapnya.

Jika Anda mengalami sakit kepala, hal pertama yanga Anda akan pikir adalah bagaimana untuk hilangkan rasa sakit tersebut. Berikut adalah beberapa cara saran yang dapat Anda gunakan:

1. Konsultasikan Bantuan Dokter

Jika Anda mengalami masalah sakit kepala yang sangat kuat, adalah terbaik langkah pertama yang Anda ambil adalah mendapatkan nasihat dokter. Hal ini karena untuk mengkonfirmasi masalah sakit kepala itu tidak bersangkut paut dengan gejala penyakit yang lain. Penyakit seperti stroke, encephalitis atau meningitis dapat menyebabkan sakit kepala yang cukup parah.

Dapatkan nasihat dokter dengan harga yang cepat jika Anda mengalami beberapa hal di bawah:

  • masalah arah
  • leher tegang
  • Mual dan / atau muntah
  • demam panas
  • Sulit menggerakkan anggota badan
  • Berasa tersangat lemah
  • Sakit kepala yang sangat sering
  • Obat-obatan yang digunakan tidak berhasil

2. Konsumsi Obat-Obatan Farmasi

Kebanyakan obat tahan sakit akan memberikan efek yang agak lama setelah mengambilnya (dalam anggaran 60-120 menit). Jadi, Anda dianjurkan untuk mengambilnya setelah Anda merasakan sakit kepala.

Selain paracetamol, ataupun Panadol yang kita sering ambil saat sakit kepala, penggunaan ibuprofen, asetaminofen, naproxen, aspirin atau capsaicin nasal spray juga dapat digunakan sebagai pengganti.

Namun, berhati-hati dengan dosis yang diambil. Jangan melebihi dosis harian yang dinyatakan atau disarankan oleh dokter Anda. Penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan Medication Overuse Syndrome, yaitu suatu sindrom dimana seseorang itu tetap mengambil obat sakit kepala meskipun dia tidak mengalami masalah sakit kepala pada saat itu.

Penggunaan yang berlebihan ini dapat menyebabkan masalah sakit kepala yang sering di masa depan, juga sering dikenal sebagai “rebound headaches”.

3. Berhati-hati Dengan Kafein

Minuman atau makanan yang mengandung kafein bisa dikatakan sebagai pedang dua mata. Hal ini karena dapat menjadi obat dan juga satu penyebab sakit kepala itu bertambah parah – itu tergantung pada orang itu sendiri.

Kebanyakan obat-obatan yang Anda dapat temukan mengandung kafein, untuk mencepatkan efektivitas obat tahan sakit tersebut.

Selama sakit kepala, Adenosine dibebaskan ke dalam saluran darah. Kafein membantu dengan menghambat reseptor Adenosine. Batasi konsumsi kafein untuk mengobati saikt kepala menjadi dua kali seminggu. Konsumsi yang banyak bisa menyebabkan Anda menjadi caffeine dependent, terutama kepada yang mengalami migrain.

Jika Anda seorang peminum kopi tegar (lebih dari 200mg per hari, atau 2 cangkir kopi) dan Anda tiba-tiba tidak mengambilnya dalam sehari itu, Anda akan mengalami masalah sakit kepala sebagai efek samping.

Hal ini karena mengambilan kafein atau kopi setiap hari mengembangkan saluran darah ke kepala. Jika Anda tidak mengambilnya pada suatu hari itu, saluran tersebut akan mengecil dan akan menyebabkan tekanan pada kepala, lantas menyebabkan Anda merasakan sakit kepala. Jika Anda ingin mengurangi tingkat konsumsi kafein, Anda harus melakukannya dengan harga yang lambat.

Jika Anda tidak peminum kopi, dan Anda sering merasakan sakit kepala, adalah terbaik bagi Anda agar tidak meminum kopi karena ada kemungkinan sakit kepala akan lebih parah jika ada asupan kafein.

4. Minum Air Yang Banyak

Dehidrasi (dehydration) dapat menyebabkan masalah sakit kepala. Minum air masak dengan harga yang banyak jika kepala Anda mulai merasa sakit, dan kerapkan asupan air sepanjang hari tersebut (bahkan dengan harga yang sedikit setiap pengambilan). Anda akan merasakan rasa sakit itu akan berkurang.

  • Bagi pria: minum setidaknya 13 gelas air (3 liter) setiap hari
  • Bagi perempuan: minum setidaknya 9 gelas air (2.2 liter) setiap hari

Anda harus minum air lebih banyak dari rekomendasi yang dinyatakan diatas jika Anda dalam situasi-situasi berikut:

  • menjalani aktifitas olahraga ataupun yang berat
  • tinggal dikawasan yang panas
  • sakit yang kerapkan Anda muntah atau diare
  • sedang menyusui

Jika Anda ingin menggunakan cara ini, Anda disarankan untuk tidak meminum air yang sangat dingin (es). Hal ini karena minuman ini dapat menyebabkan migrain pada beberapa orang – lebih-lebih lagi kepada orang yang sering mengalami migrain. Pengambilan air masak pada suhu kamar adalah terbaik dalam kasus ini.

5. Istirahat Pada Tempat Yang Cocok

Sebaik-baik tempat untuk beristirahat saat Anda sakit kepala adalah tempat yang sunyi dan gelap. Jika bisa, coba berbaring dan rileks / istirahat selama 30 menit. Pejam mata, tutup lampu.

Selain itu, Anda juga bisa tidur sekejap untuk menghilangkan rasa sakit tersebut. Pastikan tempat Anda tidur / istirahat tersebut nyaman dan kepala Anda mendapatkan dukungan seperti bantal.

Anda juga dapat memilih suhu yang sesuai dengan Anda saat istirahat. Beberapa orang lebih nyaman dalam kondisi yang dingin berair-cond, sementara beberapa orang lain pula lebih nyaman dengan angin kipas saja. Mana-mana pun bisa, pilihlah yang mana Anda merasa lebih nyaman.

6. Praktikkan Latihan

Percaya atau tidak, latihan ringan juga dapat membantu Anda menghilangkan sakit kepala. Hal ini karena masalah sakit kepala salah satunya berasal dari kurangnya pasokan darah ke kepala. Dengan sedikit latihan ringan, Anda dapat membantu aliran darah ke otak, lantas mengurangi sakit kepala.

Anda dapat menggunakan yoga untuk tujuan tersebut, namun jika tidak biasa, ikuti langkah-langkah yang mudah ini:

  1. Baring dalam posisi yang Anda nyaman. Pejam mata dan tarik nafas yang panjang.
  2. Dimulai dengan dahi, tegangkan semua otot ke sesuatu tempat untuk 5 detik.
  3. Mengendurkan otot tersebut dan biarkan 5 menit untuk merasakan kelegaan tersebut.
  4. Selanjutnya, beralih ke otot-otot yang lain pula, antara otot yang Anda dapat lakukan adalah: dahi, mata, hidung, mulut / pipi, tangan, bahu, punggung, perut, piring, punggung, paha dan kaki.

Semoga berhasil!

7. Gunakan Kain Basah / Dingin

Pernah tengok tak orang tua-tua menggunakan kain yang basah atau dingin dan letakkan diatas dahi orang yang sakit / demam – mungkin biasa tengok cerita drama Cina / Jepang atau anime yang bertemakan zaman dahulu.

Hal ini karena benda yang dingin dan lembut yang diletakkan diatas dahi / kepala bisa melegakan saluran darah dan secara tidak langsung mengurangi rasa sakit kepala.

Jika Anda tertarik dengan cara ini, ada beberapa cara untuk melakukannya:

i. Kain dan Air Dingin

  1. Sediakan kain yang lembut dan air masak atau air yang dingin.
  2. Basahi kain tersebut dengan merendamnya ke dalam air tersebut. Perah sedikit untuk menghindari air terlalu banyak.
  3. Menempatkannya di atas dahi Anda untuk beberapa menit.
  4. Basahi kain tersebut setelah kain tersebut mulai merasa hangat (karena menyerap suhu tubuh Anda).

ii. Plastik dan Es

  1. Siapkan kantong plastik yang dapat di tutup ataupun seal, dan air.
  2. Masukkan air ke dalam kantong plastik tersebut, kemudian sealkannya.
  3. Biarkan air tersebut membeku (menjadi es) di dalam lemari es.
  4. Lepaskan, dan letakkan di atas kepala Anda. Anda dapat menggunakan kain sebagai alas.

iii. Gunakan Produk Komersial

Sekarang, sudah ada produk-produk komersial yang menggunakan konsep ini dalam bentuk patch yang mudah dipakai di dahi. Anda bisa mendapatkannya dari toko-toko ritel dan farmasi yang terdekat.

Jika sakit kepala Anda bersumber dari stress, penggunaan air panas memberikan efek yang lebih baik dibandingkan dengan air dingin. Jadi, pastikan Anda tahu penyebab sakit kepala Anda sebelum mencoba cara-cara di atas.

8. Pijatan Pada Wajah dan Kepala

Pada umumnya, jika Anda mengalami masalah sakit kepala, pijatan pada kulit kepala dapat membantu mengurangi rasa sakit tersebut. Hal ini karena dengan memijat dapat membantu sistem peredaran darah ke kepala dan otak, dan secara tidak langsung meredakan sakit kepala.

Cara-caranya mudah saja:

  1. Tempatkan ibu jari ataupu jari pelunjuk pada sisi kepala (tempat di antara telinga dan mata).
  2. Berikan sedikit tekanan pada tempat tersebut dengan jari Anda dan gerakkan dalam pusaran / bentuk bulat.

Selain cara di atas, Anda bisa memijat kulit kepala Anda. Anda dapat menggunakan sampo dan memijat kepala Anda dengannya. Salah satu cara yang lain adalah dengan menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun. Oleskan pada kulit kepala dan urutnya seperti biasa.

9. Pijat Leher dan Bahu

Tekanan pada leher dan bahu dapat menyebabkan masalah sakit kepala. Dan sakit kepala jenis ini adalah yang paling mudah untuk di atasi.

Anda dapat menggunakan latihan yang ringan untuk meredakan sakit kepala Anda. Salah satunya adalah dengan menggunakan latihan panaskan badan yang melibatkan gerakan kepala, bahu, lengan dan piring.

10. Gunakan Metode Akupuntur

Cara pengobatan akupuntur dapat menghilangkan sakit kepala, terutama masalah sakit kepala yang disebabkan oleh tekanan (stress) dan ketegangan otot. Jika Anda ingin menggunakan metode ini, Anda harus mengetahui dasar-dasar titik akupuntur, jika tidak, Anda dianjurkan untuk mencoba cara yang lain (untuk menghindari kemudaratan).

Singkatnya, metode ini membutuhkan Anda menekan titik akupuntur Anda dengan tekanan tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. Jika Anda tertarik, Anda bisa dapatkan diagram titik akupuntur Anda dibawah dan tekan pada titik tersebut pada tubuh Anda. Anda juga bisa memijat pada titik tersebut jika ingin.
akupuntur untuk rawat sakit kepala

11. Belajar Untuk Rileks

Orang di seluruh dunia mempelajari dan menguasai cara-cara untuk mengalihkan perhatian dari merasa sakit. Jika Anda mengalami sakit kepala, Anda tidak perlu mempelajari benda yang baru karena Anda mungkin sudah mengidentifikasi cara yang sesuai untuk menenangkan diri Anda.

Anda dapat memilih beberapa cara cadangan di bawah:

  • Meditasi
  • Sholat
  • Tarik dan buang napas yang panjang
  • Dengar musik
  • Tidur

Apa yang penting adalah Anda melakukan hal yang bisa menenangkan Anda, ataupu hal yang Anda suka lakukan. Hal ini dapat mengalihkan perhatian otak Anda dari perasaan sakit ke hal yang Anda sedang lakukan tersebut.

12. Lakukan Latihan Pernafasan

Kadang kala, dengan bernapas sudah cukup untuk menghilangkan sakit kepala. Apa yang saya ingin sampaikan adalah dengan menarik dan menghembuskan napas yang panjang. Hal ini karena cara ini dapat meringankan tekanan pikiran dan otot Anda untuk beberapa saat.

Untuk mengadopsi metode ini, Anda sebaiknya berada di tempat yang sunyi, suhu yang sesuai dan gelap.

Baringkan tubuh Anda dalam posisi yang Anda rasa paling nyaman, dan mulai menarik nafas yang panjang, sehingga Anda dapat rasa paru-paru Anda berkembang. Tahan nafas selama 2-5 detik, kemudia menghembusnya melalui mulut. Lakukan untuk beberapa kali hingga sakit kepala Anda berkurang.

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *