Cara Mengobati Vertigo Agar Tidak Pusing Saat Berkendara

VERTIGO sebenarnya ada kaitan dengan stabilitas dan keseimbangan tubuh. Mempertahankan keseimbangan tubuh merupakan suatu proses yang rumit di mana otak tanpa kontrol sadar manusia.

BAGAIMANA KESEIMBANGAN TUBUH DIKONTROL?
Keseimbangan badan dipertahankan oleh otak yang mana ianya bergantung kepada informasi yang diterima dari indera-indera lain seperti mata, sendi, otot dan struktur organ di dalam telinga dalam yang khusus untuk retensi keseimbangan.

APAKAH ITU VERTIGO?
Vertigo terjadi ketika informasi dari salah satu organ yang terlibat dalam keseimbangan tubuh tidak sama antara satu sama lain.

Sebagai contoh, jika mata kita memberitahu ada objek yang sedang bergerak, tetapi telinga dalam memberitahu yang kita sedang berdiri tegak, maka akan terjadi ketidakseimbangan tubuh yang akhirnya akan menyebabkan gejala seperti mual, muntah dan gangguan pada penglihatan. Penyebab masaah ini biasanya adalah penyakit atau cedera pada salah satu organ indera keseimbangan yaitu telinga, mata, sendi, otot atau otak. Ada juga penyebab lainnya seperti darah tinggi atau tekanan darah yang rendah, anemia, tekanan mental, cedera pada kepala dan alergi obat.

APA YANG HARUS DILAKUKAN BILA MENGALAMI VERTIGO?

  • Jika itu terjadi secara tiba-tiba, baring di atas lantai atau setiap permukaan yang keras tanpa menggunakan bantal.
  • Jangan bergerak dan fokuskan mata pada satu titik objek yang tidak bergerak pada langit-langit seperti lampu atau kipas yang tidak berputar.
  • Jangan tutup mata karena ini akan menyebabkannya berkelanjutan untuk jangka yang lama.

APAKAH VERTIGO BISA DIOBATI?

  • Otak kita berupaya untk mengadaptasi masalah-masalah melibatkan sistem keseimbangan tubuh. Misalnya, mereka yang memiliki masalah penglihatan, biasanya menemukan yang indra-indra lain terutama pendengarannya, dapat membantu masalah ini.
  • Dalam kebanyakan kasus vertigo, otak kita dapat membiasakan kita kepada situasi-situasi yang baru ini dan setelah beberapa lama, vertigo akan hilang
  • Untuk ini, otak-otak tersebut harus diungkapkan kepada stimulasi-stimulasi yang baru, sehingga otak mampu mengadaptasi kepada situasi yang baru dan agak sulit untuk vertigo disembuhkan.
  • Karena kadang-kala vertigo hanya terjadi dalam gerakan tubuh ynang tertentu dan gejala yang hadir saat vertigo terjadi biasanya adalah tidak menyenangkan. Ealakkan gerakan-gerakan tersebut untuk menghindari simotom-simptomnya sepeti rasa mual atau muntah. Akan tetapi, kita kan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan penyembuhan secara alami (adaptasi otak).
  • Ada beberapa jenis latihan yang bisa kita lakukan untuk memungkinkan otak mengadaptasi sesuatu saat vertigo menyerang.
  • Dokter juga akan memberikan beberapa jenis obat seperti BETESERC, SIBELIUM, atau STUGERON. untuk mengobati vertigo. Tetapi penggunaan obat-obatan ini adalah dalam jangka maaa pendek saja. Apa yang penting untuk vertigo adalah, harus melatih otak kita untuk mengadaptasi secara alami. yaitu, pengontrolan secara sendiri.

APA ALTERNATIF PENGOBATAN VERTIGO TANPA OBAT?
JADI, jika mengalami gejala atau gejala, bisa dapatkan konfirmasi dari dokter dan dapat mencoba untuk mengontrol tanpa obat. Saya pernah ade seorang kawan yang mengalami vetigo ini, dan sangat merbahayakan diri sebab kekadang vertigo menyerang ketika ia mengemudi. Jadi, bagi siapa yang ada masalah vertigo, Saya harap sangat, carilah solusi.

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *