Dampak Negatif Vertigo

dampak vertigoObat Vertigo,- Vertigo bukan merupakan sebuah penyakit namun lebih kepada gejala yang mengindikasikan adanya penyakit tertentu. Setidaknya ada sekitar 10 penyakit yang ditandai dengan gejal vertigo. Vertigo itu sendiri adalah sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh atau lingkungan sekitarnya, dapat disertai gejala lain, terutama dari jaringan otonomik akibat gangguan alat keseimbangan tubuh. Vertigo (sering juga disebut pusing berputar, atau pusing tujuh keliling) adalah kondisi di mana seseorang merasa pusing disertai berputar atau lingkungan terasa berputar walaupun badan orang tersebut sedang tidak bergerak.

Dampak vertigo lebih besar dari jenis penyakit lain, contoh diantara orang yang saya temui adalah ketika mereka beraktifitas, tiba-tiba vertigo kambuh, maka yang terjadi bisa fatal. Ada yang naik mobil, tiba-tiba vertigo kambuh, maka bisa nabrak, ada yang naik motor bisa lebih gawat lagi, karena bisa ambruk. Tapi ada penyakit vertigo yang tidak cepat kumat, yaitu ada tanda-tanda vertigo yang muncul sebelumnya, sehingga penderita bisa langsung siap-siap terlebih dahulu sebelum vertigo itu datang.

Terkadang vertigo juga merupakan salah satu gejala awal terjadinya stroke ringan, sebagai akibat pecahnya pembuluh darah akibat tekanan darah tinggi (hipertensi). Biasanya vertigo yang diakibatkan oleh kurangnya oksigen ke otak ini akan disertai dengan mual dan muntah-muntah.

Untuk mencegah terjadinya dampak yang lebih berat akibat serangan stroke yang diawali dengan serangan vertigo, pemeriksaan lainnya adalah CT scan atau MRI kepala, yang bisa menunjukkan kelainan tulang atau tumor yang menekan saraf. Jika diduga suatu infeksi, bisa diambil contoh cairan dari telinga atau sinus atau dari tulang belakang.

Baca juga : Obat Vertigo

Jika diduga terdapat penurunan aliran darah ke otak, maka dilakukan pemeriksaan angiogram, untuk melihat adanya sumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke otak.

Facebook Comments