Gejala Utama Vertigo

Gejala-VertigoObat Vertigo,- Banyak orang yang kadang masih menganggap vertigo adalah pusing biasa. Sehingga, mereka hanya mengambil obat pereda nyeri sembari istirahat. Namun sakit kepala lantas mengalami kekambuhan karena penanganan yang salah.

Untuk membedakan apakah sakit kepala yang dialami seseorang itu vertigo atau bukan, dapat dilihat dari tanda klinis yang muncul. Biasanya penderita vertigo tidak hanya merasakan berat di kepalanya, namun juga seolah apa yang dilihatnya seakan berputar. Vertigo memiliki tanda seperti berikut:

  • Pusing namun sulit untuk digambarkan. Gejala awal seringkali melibatkan emosional. Contohnya seseorang mengalami hiperventilasi, neurosis cemas, neurosis histerik, dan depresi. Jika diungkapkan, tubuh penderita ketika berdiri seakan merasa dirinya melayang, ringan, dan ada rasa takut jatuh.
  • Disekuilibrum. Gejala ini khas muncul pada penderita vertigo. Dia merasa tubuhnya tidak seimbang sehingga berjalan sempoyongan ibarat orang mabuk. Ini dapat terjadi pada penderita yang mengalami gangguan pada sistem vestibular, proprioseptif, serebeler, visual, atau ekstrapiramidal. Pemicunya cukup banyak seperti tumor, penggunaan obat tertentu, dan sebagainya.
  • Sinkop atau prasinkop. Penderita merasakan dirinya mengalami keringat dingin, mual, wajahnya pucat, hingga pandangan kabur beberapa saat. Sehingga, dia akan merasa tidak lama lagi mengalami pingsan. Semua tanda ini muncul akibat terbatasnya pengiriman nutrisi dan oksigen ke otak melalui darah. Dan, pada gejala sinkop atau prasinkop, penderita dimungkinkan mengalami penurunan tekanan darah, disfungsi jantung, dan refleks otonon. Dalam jangka panjang, gejala ini bisa mengakibatkan stroke.

Jika anda mendadak mengalami pusing, segera anda periksakan ke dokter atau rumah sakit terdekat. Mintalah bantuan saudara, kerabat atau teman anda, karena jika anda pergi sendiri resikonya sangat riskan, apalagi jika anda membawa kendaraan pribadi sangat berbahaya.

Facebook Comments