Manfaat dan Efek Samping Jahe

Jahe merupakan tanaman herbal yang sering diyakini bahwa orang dapat menghadapi berbagai kondisi, dari mual, batuk, sakit otot untuk pengobatan kanker. Jika syarat-syarat sisi medis, setidaknya ada lima manfaat jahe baik untuk tubuh. Jahe memiliki bahan kimia yang diduga menyebabkan efek positif pada perut dan usus. Bukan itu saja, senyawa ini mungkin dapat mengurangi mual dengan memberi efek pada otak dan sistem saraf.

manfaat-dan-efek-samping-jahe

Berikut adalah lima penyakit yang mungkin efektif jika diatasi dengan makan jahe:

Pusing
Kondisi ini membuat Anda merasa seperti berputar (vertigo) atau ringan kepala (pusing). Bisa juga terasa seperti hilang keseimbangan atau mengambang. Ginger dianggap meringankan sakit kepala dengan merangsang aliran darah ke otak. Selain itu Ginger terpercaya meredakan mual.

Nyeri haid
Bagi wanita yang sering merasa sakit saat haid, bisa mencoba mengambil ekstrak jahe pada dosis yang empat kali sehari selama tiga hari pada awal haid. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengambil jahe dapat membantu mengurangi gejala nyeri haid. Efektivitas jahe tampaknya disamakan dengan obat ibuprofen dan asam mefenamic.

Menghindari demam pagi
Kondisi mual dan muntah-muntah sering dialami oleh beberapa wanita di awal kehamilan. Sepertinya kondisi bisa dikurangi dengan mengkonsumsi jahe. Tapi ingat, wanita hamil tidak bisa mengambil apa-apa konsumsi tertentu, terutama dalam obat-obatan tradisional. Jadi, konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum mengambil jahe.

Osteoarthritis
Menurut beberapa penelitian, nyeri yang disebabkan oleh kondisi ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi ekstrak jahe. Senyawa kimia dalam jahe dapat mengurangi bahan kimia yang memicu peradangan sendi. Selain itu, jahe juga dapat merangsang tubuh untuk memproduksi asam salisilat, bahan yang dapat mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Mual dan muntah-muntah setelah operasi
Mengambil jahe sebelum operasi tampaknya mengurangi rasa mual dan muntah-muntah setelah operasi. Selain dimakan oleh mulut, menggosok minyak jahe pada pergelangan tangan juga tampaknya mencegah mual.

Apakah Anda pernah mendengar pernyataan bahwa jahe dapat mencegah mabuk perjalanan dan laut? Menurut pengalaman beberapa orang, dengan mengambil jahe sebelum perjalanan untuk membuat mereka merasa lebih baik. Tapi sayangnya ada kemungkinan bahwa jahe tidak efektif mengatasinya. Lebih banyak penelitian diperlukan untuk memastikan efektivitas. Begitu juga, manfaat mengklaim jahe dikaitkan dengan kehilangan berat badan.

Efek samping Makan Jahe

Tampaknya jahe adalah aman untuk digunakan oleh kebanyakan orang, tetapi masih ada efek samping kecil yang dapat disebabkan, seperti diare, sakit perut, dan sakit dalam usus. Jika digunakan untuk kulit, kemungkinan tanaman ini dapat menyebabkan iritasi.

Ada beberapa orang yang harus berhati-hati atau tidak bisa makan jahe. Mereka adalah wanita hamil dan menyusui, penderita diabetes, memiliki gangguan perdarahan dan hati.

Dari segi manfaat medis jahe itu tidak ada yang benar-benar terbukti efektif. Meskipun begitu, Anda dapat mencoba untuk memenuhi kondisi yang dinyatakan di atas. Ini baik untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memasuki setiap bahan-bahan yang dimaksudkan untuk pengobatan.

Facebook Comments