Perbedaan Vertigo Dengan Pusing Biasa

dizzinessObat Vertigo,- Orang yang mengalami vertigo akan mengalami gangguan keseimbangan. Kepala sangat pusing dan untuk memandang seolah semua yang dilihat terasa berputar atau melayang. Orang yang kena vertigo biasanya tidak mampu berdiri dengan tegak lantaran tidak mampu menopang tubuhnya secara normal.

Perbedaan antara vertigo dengan pusing biasa dapat dilihat pergerakan bola mata penderitanya. Jika seseorang mengalami pusing dan bola matanya mengalami pergerakan yang cepat, maka kemungkinan dia mengalami vertigo. Sementara pada pusing biasa pergerakan mata cenderung seperti biasa.

Penyakit ini kadang bersifat kambuhan tergantung penyebabnya. Begitu menyerang, selain tidak mampu berjalan, penderita sering pula mengalami rasa mual dan muntah. Hal ini akan mengganggu aktivitasnya sampai rasa pusing berputar itu sembuh.

“Meski ciri-ciri vertigo adalah pusing berputar, namun tetap harus dilakukan pemeriksaan oleh dokter untuk mengatahui penyebab pasti rasa pusing tersebut,” tambahnya.

Gangguan ini bisa dipicu oleh berbagai sebab. Oleh karena itu, pemeriksaan vertigo oleh dokter tetap diperlukan untuk mencari pemicu utama serangan pusing ini. Penegakan diagnosis tetap diperlukan agar terapi yang akan diterapkan efektif mengatasi vertigo langsung ke sumbernya.

Vertigo dapat disebabkan oleh migrain, infeksi bakteri pada telinga, menipisnya aliran oksigen ke otak, mabuk kendaraan, hingga radang di leher. Di samping itu dapat pula muncul karena kelainan penglihatan dan perubahan tekanan darah secara mendadak. Penderita tumor otak juga bisa mengalami vertigo. Jadi mencari penyebab utama vertigo sangat perlu.

Facebook Comments