Tentang Penyakit Ménière

tentang penyakit meniere

Apa Itu Ménière?

Penyakit ini dinamai setelah dokter Prancis – Prosper Ménière – yang menggambarkan kondisi sebagaimana yang ditandai dengan serangan tiba-tiba pusing, mual, muntah, kehilangan pendengaran dan mendengung di telinga (tinnitus).

Apa penyebab penyakit Ménière?

Penyakit Ménière adalah penyakit dari telinga bagian dalam yang disebabkan oleh perubahan dalam tekanan fluida. Hal ini dapat terjadi tiba-tiba dan tanpa peringatan. Penyebab pasti dari penyakit ini belum diketahui, meskipun stres adalah salah satu faktor yang dapat membawa pada serangan.

Apa saja gejala penyakit Ménière?

  1. pusing dan rasa vertigo dengan
  2. perasaan ‘berputar’
  3. mual
  4. muntah
  5. pendengaran atau kehilangan pendengaran dengan gangguan
  6. suara di telinga (tinnitus).

Pusing dapat keluar dari biru dan menjadi begitu parah sehingga penderita perlu berpegang pada seseorang untuk menghindari terjatuh. Serangan itu bisa bertahan hingga 12 jam.

Apakah penyakit ini dapat disembuhkan?

Orang-orang yang telah didiagnosis dengan penyakit Ménière akan telah diberitahu oleh dokter mereka bahwa penting untuk beristirahat dan mengadopsi gaya hidup stres rendah. Mengetahui bahwa penyakit ini dapat dikendalikan dan akhirnya harus meningkatkan juga akan memiliki efek menenangkan, namun buruk itu mungkin tampak pada awalnya.

Serangan dapat dicegah dengan mengambil obat secara teratur. Betahistin (Serc) bekerja pada pembuluh darah kecil di telinga dan digunakan untuk mengobati vertigo, tinnitus dan kehilangan pendengaran yang berhubungan dengan penyakit Ménière.

Diuretik dapat meningkatkan gejala vertigo dengan menarik cairan dari telinga bagian dalam. Antihistamin seperti sinarizin (misalnya Stugeron) dan obat-obatan antisickness seperti proklorperazin (misalnya Stemetil) juga dapat membantu untuk mencegah dan mengobati serangan.

Mengurangi jumlah garam dalam diet dan asupan teh dan kopi juga dapat membuktikan berguna.

Dalam kasus yang parah, operasi adalah pilihan, tapi tidak ada pengobatan yang ideal di daerah ini baik. Operasi untuk meningkatkan drainase cairan dari telinga bagian dalam membantu beberapa pasien. Jika gagal, saraf yang mengontrol keseimbangan dapat dipotong.

Facebook Comments