Tips Mengobati Vertigo

Vertigo merupakan penyakit yang dapat menyerang secara tiba-tiba dengan gejala seperti pusing yang berputar-putar. Beberapa saat sebelum serangan, semuanya nampak normal tetapi disaat berikutnya dunia seperti bergerak dan berputar. Di karenakan vertigo di sebabakan oleh beberapa faktor yang berbeda, maka metode pengobatan vertigo pun akan berbeda-beda pula.

Berikut Tips Mengobati Vertigo

  • Fokus pada sebuah objek yang jauh.tips mengobati vertigo

Tataplah dengan fokus sebuah objek yang berada di kejauhan. Menutup mata dan berbaring justru bisa memperparah vertigo. Sebagian kasus vertigo disebabkan oleh infeksi telinga bagian dalam.

  • Ketahui penyebab vertigo.

Mengetahui penyebab vertigo akan memudahkan dokter menentukan jenis perawatan serta pengobatan yang terbaik.

  • Pelajari reposisi canalith.

Reposisi canalith akan berguna meringankan vertigo yang disebabkan oleh benign paroxysmal positional vertigo. Jenis vertigo ini merupakan yang paling sering menyerang.

Reposisi canalith melibatkan berbagai gerakan kepala untuk mengembalikan cairan di telinga bagian dalam. Prosedur ini umumnya diajarkan dokter ke pasien, jika pasien memerlukannya.

  • Operasi.

Operasi bisa saja dilakukan yang bertujuan memasukkan sebuah plug tulang ke telinga bagian dalam.

Jika vertigo disebabkan oleh benign paroxysmal positional vertigo dan reposisi canalith tidak mampu mengurangi keluhan, prosedur operasi mungkin diperlukan.

  • Mengambil resep obat.

Ambil obat yang diresepkan oleh dokter jika vertigo disebabkan oleh penyakit Meniere. Obat yang diresepkan untuk mabuk perjalanan seperti meclizine atau diazepam dapat mengurangi gejala vertigo.

Tidak ada obat untuk penyakit Meniere. Membatasi garam, mengurangi asupan MSG, dan makan sedikit namun lebih sering akan membantu meminimalkan vertigo.

  • Obat untuk mengurangi retensi cairan.

Dokter mungkin akan memberikan resep untuk mengurangi retensi cairan, jika vertigo disebabkan oleh penyakit Meniere.

Resep tersebut dirancang membantu mengurangi tekanan cairan di telinga bagian dalam. Obat yang diberikan umumnya berkategori diuretik seperti kombinasi hidroklorotiazid dan triamterene.

  • Suntikan gentamisin atau steroid.

Vertigo mungkin memerlukan suntikan gentamisin atau steroid ke dalam telinga bagian tengah jika vertigo disebabkan oleh penyakit Meniere

Itulah beberapa tips mengobati vertigo, semoga artikel ini bermanfaat. Salam Sehat dan Salam Sejahtera Bangsaku !

Facebook Comments