Vertigo Sebenarnya Gejala Penyakit Lain

penyakit vertigo

Sakit kepala yang disertai penglihatan seperti berputar, disebut dengan vertigo, ternyata menjadi tanda penting adanya masalah kesehatan di tempat lain. Umumnya vertigo disebabkan oleh gangguan di otak atau ada masalah pada alat keseimbangan di telinga. Namun, tidak menutup kemungkinan vertigo menjadi gejala sampingan dari penyakit yang lebih serius.

Dikutip dari Detik, vertigo dapat menjadi pertanda adanya radang pada saraf keseimbangan, tanda stroke, adanya tumor otak, hingga penyakit miniere. Langkah yang mungkin memerlukan dalam menyembuhkan vertigo yaitu mencari sumber masalahnya. Jika penyebab utama vertigo belum teratasi, masih ada risiko terjadi kekambuhan di kemudian hari.

“Vertigo itu merupakan suatu gejala, jadi penyebabnya harus dicari. Kalau ternyata karena ada penyakit lain, ya, harus diobati,” kata dr Diatri, Kepala Departemen Neurologi di Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Vertigo bisa dihindari dengan menjauhkan dari pemicunya. Penyakit ini dapat juga dihindari melalui latihan otak khusus untuk vertigo.  Ada dua jenis latihan yaitu latihan habituasi dan latihan vestibular. Caranya dengan menggerakkan badan ke arah berlawanan pada tiap gerakan.

“Latihan untuk orang-orang vertigo adalah brain excersice. Seperti saat bangun tidur kepala miring ke kanan, badan jatuh ke kiri. Begitu juga sebaliknya, kepala miring ke kiri, badan jatuh ke kanan. Lakukan secara berulang-ulang,” kata dr Agus Subagio, dokter spesialis THT di Rumah Sakit Puri Indah.

Selain itu, penerapan gaya hidup sehat memberikan sumbangsih penting bagi pencegahan vertigo. Tidak hanya vertigo, tetapi hidup sehat turut membawa kebaikan bagi kesehatan pada umumnya.

posted by: Obat Vertigo

Facebook Comments